DISTRIBUTOR PULSA TRONIK TERMURAH

Penyebab Modem Sering Disconnect Sendiri

penyebab modem sering disconnect sendiri
Amoeba Cell – mungkin diantara sobat netter ada yang pernah mengalami kasus seperti judul artikel diatas. Selagi kita melakukan aktifitas browsing internet atau yang lainnya, tiba-tiba koneksi terputus. Hal itu sangat wajar jika terjadi hanya satu atau dua kali saja. Tapi kalau kejadian modem disconnect terus menerus kan bisa bikin jengkel.

Dari pada sobat marah dan uring-uringan gak jelas mendingan kita cari tahu apa sebenarnya penyebab dari modem yang sering disconnect.
Ada banyak factor yang bisa menyebabkan modem sering disconnect dengan sendirinya. Bagi sobat yang mau tahu silahkan simak beberapa hal penyebab modem disconnect dibawah ini.

Ada gangguan pada modem
Bisa saja modem sudah lama umurnya dan mendekati pada waktu ajalnya. Tapi bila modem anda masih tergolong modem baru coba cek disekitar ujung yang biasa disambungkan ke colokan USB komputer atau laptop. Bisa saja soket modem kotor dan tertutup oleh benda benda kecil yang terselip didalamnya. Atau mingkin soket longgar pada waktu disambungkan ke komputer. Untuk itu tekanlah kaleng pembungkus sambungan dengan perlahan sehingga bentuknya menjadi menyempit agar waktu dicolokan posisinya menjadi rapat dan tidak kocak.

Sedang terjadi gangguan jaringan
Ane pernah mengalami hal tersebut dengan kasus modem sering disconnect pada jaringan 3G atau HSDPA, tapi kalau kita gunakan jaringan GPRS atau EDGE koneksi lancer dan tidak putus-putus. Mungkin sara sedang dilakukan perbaikan pada pemancar yang dipasang pada BTS. Sebaiknya anda tanyakan kepada customer service apakah sedang ada gangguan jaringan atau tidak di daerah anda, atau mungkin sedang ada gangguan jaringan global yang terjadi diseluruh daerah yang tercover oleh sinyal operator tersebut.

Suplay listrik kurang memadai
Hal ini biasanya terjadi pada sobat yang menggunakan kabel sambungan USB. Dengan menggunakan kabel sambungan USB yang panjang akan ada hambatan yang dialami oleh listrik pada saat menyuplai daya ke modem sehingga modem akan disconnect dengan sendirinya. Gunakanlah kabel sambungan USB dengan panjang yang wajar yaitu 3 m, tapi bila tidak memungkinkan usahakan jangan lebih dari 5 meter. Karena semakin panjang kabel yang digunakan akan semakin besar hambatannya dan bisa membuat temperature modem menjadi cepat panas, dan akhirnya modem akan mengalami hang dan disconnect dengan sendirinya.

Ada gangguan pada driver atau software modem
Meskipun software itu bukan barang yang berwujud, seperti benda tapi mungkin saja terjadi aus seperti sparepart kendaraan ( ini mungkin aja loh karena ane gak ngerti tentang software ). Sebaiknya uninstall program modem dan install ulang programnya. Ada kalanya program mobile partner bawaan modem itu kurang cocok dengan komputer dengan spek menengah kebawah. Kalau spek komputer anda minimalis gunakanlah aplikasi mobile partner universal / MDMA yang banyak bertebaran di google. Biasanya aplikasinya lebih ringan dan tentunya fiturnya tidak kalah dengan aplikasi bawaan modem. Tapi perlu anda ketahui program MDMA tidak akan bisa digunakan jika program bawaan modem tidak dinstall terlebih dahulu karena tidak disertakan driver modem didalamnya.

Terjadi kerusakan pada komputer
Biasanya modem sering disconnect dengan sendirinya apabila power supply komputer sudah lemah. Hal ini menyebabkan suplay listrik ke modem menjadi terganggu. Coba kita gunakan modem pada komputer lain untuk membuktikan. Kalau pada komputer lain ternyata tidak ada masalah berarti ada gangguan pada tubuh komputer atau laptop kita.

Sobat netter…..
Itulah sedikit pemaparan ringkas mengenai penyebab modem yang sering disconnect dengan sendirinya. Semoga bisa bermanfaat dan selamat bereksperimen.
Terima kasih telah berkunjung ke blog Amoeba Photo & Cellular.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar