DISTRIBUTOR PULSA TRONIK TERMURAH

Perbedaan 3G HSPA Dan HSDPA

perbedaan 3G HSPA dan HSDPA
Amoeba Cell – Ketika ane mau beli modem baru karena yang lama udah rusak, ternyata ane sedikit kebingungan karena disuguhkan beberapa pilihan kemampuan dari modem tersebut.
Setelah ane bandingkan ternyata hampir sama tapi gak sama juga hahaha…
Rata-rata sekarang modem sudah mendukung 3G, HSDPA, HSUPA.
Supaya anda tidak kebingungan seperti ane, maka sebaiknya mengetahui dulu definisi dari berbagai singkata di atas.
Sobat netter…..
Ane gak maksud menggurui, tapi Cuma berbagi pengalaman aja ya…

1. GPRS General Packet Radio Service
Merupakan sebuah teknologi nirkabel yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data berbasis internet. Meskipun kecepatan yang disuguhkan mulai dari 56 kbps sampai maksimal 115 kbps.
Hal ini menyebabkan transfer data yang memungkinkan hanya sebatas akses intenet ( browsing ) mengirim e-mail, atau MMS ( pesan gambar ) Ane gak tahu pasti siapa penemu teknologi ini dan kapan ditemukannya hehehe…

2. EDGE / Enchanced Data rates for GSM Evolution ( 2.75 G )
Edge merupakan perkembangan naik kelas dari teknologi GSM dan IS-136. Secara teori kecepatan EDGE dapat mencapai 473,6 kbps sehingga rata-rata kecepatan EDGE 3 kali lebih cepat dari GPRS. Tapi meskipun begitu, fasilitas yang disediakan tidaklah cukup untuk akses internet sepenuhnya. Sehingga transfer data yang memungkinkan dengan kecepatan segitu masih sama dengan teknologi GPRS yaitu akses intenet ( browsing ) mengirim e-mail, atau MMS ( pesan gambar )

3. 3G / Third Generation Technology atau WCDMA / UMTS.
 Merasa tidak puas dengan teknologi yang sudah ada, maka para pakar dalam bidang ini menyempurnakannya menjadi teknologi nirkabel generasi ke-3. Teknoogi 3G tidak hanya di jaringan GSM, tapi juga di jaringan CDMA yang disebut dengan EVDO / Evolution – Data Optimized.
3G memiliki fasilitas setingkat lebih tinggi dari EDGE. Dimana jika jaringan EDGE kita hanya bisa browsing, e-mail, mms, dan browsing. Layanan 3G juga memiliki fasilitas video streaming, (termasuk didalamnya: video conference, dan video calling). Secara teori kecepatan akses 3G sekitar 480kbps.

4. HSPA / High Speed Packet Access
HSPA (High Speed Packet Access) merupakan induknya dari HSDPA dan HSUPA. HSPA merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama, Release 99 (R99). Sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi R99.
Terkait jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan Evolution Data Optimized (EV-DO) yang merupakan perkembangan dari CDMA2000. Teknologi HSPA merupakan penyempurnaan dari 3G

5. HSDPA / High Speed Downlink Packet Access
Sebenarnya antara 3G/UMTS, dengan HSDPA adalah nyaris sama, Cuma yan membedakan adalah kecepatan yang bisa dicapai kalau 3G secara teori hanya mampu mencapai batas maksimum 384 kbps sedangkan HSDPA bisa mencapai 3.6 Mbps sehingga HSDPA disebut juga teknologi 3.5G, hal ini dimaksudkan untuk membedakan dari teknologi sebelumnya yaitu 3G.
Fasilitas yang didapat dari teknologi HSDPA adalah layanan video streaming, akses internet yang sangat cepat dan konferensi video

6. HSUPA / High Speed Uplink Packet Access Sama dengan HSDPA Cuma yang membedakan adalah proses transfer datanya. Kalau HSDPA diarahkan untuk transmisi ke bawah ( downlink ) sehingga kita bisa melakukan proses download dengan super cepat. Sedangkan HSUPA diarahkan untuk transmisi ke atas ( uplink ) merupakan kebalikan dari HSDPA, dengan memanfaatkan teknologi ini kita bisa melakukanupload data dengan kecepatan tinggi.

Sobat netter….

Itulah sekelumit tentang perbedaan dan definisi dari teknologi 3G, HSPA, HSDPA,dan HSUPA.
Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua  juga bisa membantu sobat netter … Terima kasih telah berkunjung ke blog Amoeba Photo & Cellular
Share:

0 Comments:

Posting Komentar